Select Menu
Select Menu

Berita Terkini

Berita Terkini

Nasional

Dunia

Bisnis

Dunia Islam

Pemuda

Perempuan

Daerah

Kabar Banten

» » » » » » Cagub-Cawagub Jabar Tandatangani Komitmen Antikorupsi


Unknown 02.49 0

Aher - Deddy

BANDUNG - Lima pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat periode 2013-2018, dalam acara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jabar bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), meneguhkan komitmen antikorupsi dalam memimpin pemerintahan daerah nantinya.

Rangkaian agenda Pilgub 2013 yang bertajuk Penandatanganan Komitmen Berintegritas dan Deklarasi LHKPN Cagub dan Cawagub Jabar itu digelar di Gedung Sate, Bandung, pada Selasa (5/2).

Peneguhan komitmen antikorupsi ditandai pembubuhan tandatangan di atas sehelai kertas besar oleh seluruh Cagub maupun Cawagub, mulai dari nomor pasangan 1 hingga 5.

Hadir pada acara itu, Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara, Pimpinan KPK Adnan Pandu Praja, Penasihat KPK Abdullah Hehamahua, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jabar Yayat Hidayat.

Sebelum penandatangan komitmen berintegritas antikorupsi, para kandidat mengumumkan sendiri jumlah kekayaan masing-masing. Besaran kekayaan dimaksud berdasar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan kepada KPK.

Terungkap dalam deklarasi LHKPN, Cagub yang tertinggi total kekayaannya adalah Cagub Dikdik Mulyana Arief Mansur. Kandidat independen ini memiliki harta kekayaan Rp 30,6 miliar dan US $ 99.663.

Cagub yang berada di posisi kedua, yakni Dede Yusuf Macan Effendi. Nilai total kekayaan Cagub bernomor 3 ini sebesar Rp 11,3 miliar dan US $ 29.508.

Selanjutnya di urutan 3 dan 4 yakni Cagub Irianto Mahfudz Sidik Syafiuddin dan Ahmad Heryawan. Total harta kekayaan Irianto mencapai Rp 4,6 miliar, sedangkan Ahmad Heryawan senilai Rp 4,5 miliar dan US $ 36.000.

Di urutan 5, Cagub Rieke Diah Pitaloka yang melaporkan total harta kekayaannya mencapai Rp 2,7 miliar.

Pimpinan KPK Adnan Pandu Praja menegaskan, penandatangan komitmen berintegritas antikorupsi dan deklarasi laporan kekayaan dimaksudkan, agar Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar terpilih membangun tatakelola pemerintahan yang baik selama lima tahun mendatang.

"Para kandidat tadi sudah berkomitmen untuk menciptakan pemerintahan yang bebas korupsi, yang diawali dengan keterbukaan soal harta kekayaan yang dimiliki," papar Adnan.

Sumber: http://pks.or.id/content/cagub-cawagub-jabar-tandatangani-komitmen-antikorupsi

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply